Ilmu adalah Pengetahuan tetapi Pengetahuan belum tentu menjadi ilmu

Friday 21 August 2015

RUANG LINGKUP MANAJEMEN

1 comment

1.    Manajemen berasal dari kata latin yaitu “manus” yang artinya “to control by hand” atau “gain result”. Manajemen dapat didefinisi sebagai “proses perencanaan, pengorganisasian, pengisian staf, pemimpin, dan pengontrolan untuk optimasi penggunaan sember-sumber dan pelaksanaan tugas-tugas dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien”.

2.    a. Manajemen sebagai seni.
Manajemen sebagai seni karena manajemen merupakan kekuatan kekuasaan pribadi yang kreaktif ditambah dengan skill dalam pelaksanaan pekerjaan.

b. Manajemen sebagai ilmu.
Manajemen sebagai ilmu karena manajemen adalah bagian dari gagasan manusia tentang kosmos, selain itu manajemen menggunakan metode ilmiah dalam menjelaskan fenomena manajerial.

c. Manajemen sebagai profesi.
Manajemen sebagai profesi karena manajemen merupakan salah satu jenis pekerjaan yang terspesialisasi.

3.    Ruang lingkup manajemen.

a.    Lingkungan Luar (Eksternal) terdiri dari :
•    Lingkungan Umum, meliputi ekonomi, politik, hukum, sosio cultural (budaya), teknologi, dimensi internasional (seperti globalisasi dan paham ekonomi), dan kondisi lingkungan alam.
•    Lingkungan Khusus (Tugas), meliputi pemilik (stockholder), customer, klien, pemasok (suplier), pesaing, suplai tenaga kerja, badan pemerintah, lembaga keuangan, media, dan serikat pekerja.

b.     Lingkungan Dalam (Internal) terdiri dari :

•    Manusia (specialized dan manajerial personal).
•    Financial (sumber, alokasi, dan contol dana).
•    Fisik (gedung, kantor, dll).
•    Sistem dan Teknologi.
•    Sistem Nilai dan Budaya Organisasi.

4.    Jenis-jenis Manajemen

a.    Manajemen Administratif (Proses).
Manajemen administratif adalah sistem manajemen tradisional yang menitikberatkan pada manajer-manajer dan tindakannya dari pada struktur organisasi secara menyeluruh.

b.    Manajemen Kooperatif (Sinergi).
Manajemen koorperatif adalah sistem manajemen yang menitiberatkan pada kerja sama antar struktur atau bidang dalam organisasi, pegawai, dan lingkungannya.

5.    Fungsi-fungsi Manajemen
a.    Forecasting.
b.    Planning (Perencanaan).
c.    Decision Making (Pengambilan Keputusan).
d.    Budgeting (Penganggaran).
e.    Staffing (pengisian Staf).
f.    Pelaksanaan.
g.    Controlling (Pengawasan).
h.    Evaluasi.

6.    Kepemimpinan (Leadership) adalah proses mempengaruhi orang lain, seseorang atau sekelompok, agar berprilaku dan berbuat untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

7.    Perbedaan kepemimpinan dan manajemen adalah kepemimpinan mengerjakan hal-hal yang benar, sedangkan manajemen mengerjakan segalanaya sengan benar.

8.    Sifat-sifat seorang pemimpin yang baik :
•    Memiliki kondisi fisik yang kuat.
•    Pengetahuan luas.
•    Mempunyai keyakinan dan percaya diri yang tinggi.
•    Mengetahui dengan jelas sifat hakiki dan kompleksitas tujuan yang hendak dicapai.
•    Memiliki stamina (daya kerja) dan entusiasme yang besar.
•    Gemar dan cepat mengambil keputusan.
•    Objekif.
•    Adil dalam perlakuan terhadap bawahan.
•    Menguasai teknik-teknik berkomunikasi
•    Dapat bertindak sebagai penasehat, guru, dan kepala terhadap bawahan, tergantung situasi dan masalah yang dihadapi.
•    Mempunyai gambaran yang menyeluruh tentang semua aspek kegiatan organisasi.

9.    Tipe-tipe Pemimpin :
Tipe Otokratis.
Tipe Militeristik.
 Tipe Paternalistik.
 Tipe Kharismatik.
 Tipe Demokratis

10.    Teori munculnya seorang pemimpin:
•    Teori Genetis.
•    Teori Sosial.
•    Teori Ekologis.

1 comment :

  1. Kak kalo bisa ditambah refrensinya d9ng kak! Biar sama-sama bisa belajar.🙏

    ReplyDelete