Nisluf Blog

Ilmu adalah Pengetahuan tetapi Pengetahuan belum tentu menjadi ilmu

Wednesday, 25 April 2018

SAMPAI DIMANAKAH BATAS HARAPAN MANUSIA ?


Assalamu'alaikum.. sobat pernahkah kalian merenung makna kehidupan ini yang sesungguhnya? pernahkah merenungkan batas harapan, impian yang kita inginkan ?

Batas harapan manusia, yah begitulah... setiap orang tentu memiliki harapan, impian mereka masing-masing baik mencari dari sisi dunia atau sisi akhirat. Manusia memiliki kehendak bebas itulah mengapa ia dibekali akal untuk bisa menilai kehendak yang ingin dilakukannya. Apakah sesuai dengan tuntutan (pedoman) atau malah keluar dari jalurnya sebagai manusia. 

Sobat tak ada yang tau level keimanan seseorang sekalipun ia memakai pakaian syar'i, seorang ustadz/ustadzah sekalipun. Namun, jika ilmu itu tak sampai kedalam hati sanubarinya maka, apapun yang dia lakukan akan mencerminkan siapa dirinya.

Sebagai manusia tentu kita memiliki harapan, dan impian, tapi adakah yang tau sampai dimanakah harapan itu berjalan? . Kebanyakan dari kita akan bermimpi dan berharap tanpa batas, karena percaya akan apa yang mereka usahakan dapat mewujudkan harapan mereka.

Untuk mengetahui itu marilah kita belajar bersama melalui Hadist Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam  berikut ini :

Diriwayatkan dari Abdullah, dia berkata, "Rasulullah menggambar persegi empat, kemudia membuat garis di tengahnya hingga menyeberang ke luar, lalu membuattt garis-garis kecil yang memotong garis tengah itu, dan berkata, 'Ini adalah manusia, dan ini (persegi empat) adalah batas kehidupannya dari kematian yang mengepungnya dari segala penjuru, dan ini (garis) yang berada di luar (persegi empat) adalah harapannya, dan garis-garis kecil ini adalah musibah-musibah dan masalah yang mungkin menimpanya. Jika melewati satu garis, dia akan bertemu dengan garis berikutnya, demikian seterusnya."

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, dia berkata, "Rasulullah menggambar sejumlah garis dan berkata, "Ini adalah manusia, dan ini adalah ajalnya, ketika manusia berada dalam keadaan demikian, garis terdekat dengannya yaitu kematian akan memotongnya".

Sobat.. dari hadis diatas kita dapat mengetahui bahwa batas harapan manusia adalah kematiannya. Apapun yang menjadi harapan kita akan hilang ketika ajal kita menjemput. Jadi, lakukan harapan itu dengan usaha dan doa. Semoga Allah Ta'ala memberikan kita umur panjang dalam kesehatan yang baik sehingga kita diberi kesempatan dalam mewujudkan harapan kita, semoga kita diberikan  kenikmatan iman, agar apapun impian dan harapan kita bisa menambah ketaqwaan kita kepada-Nya.. 

Semoga bermanfaat.. bersyukur dan bersemangatlah..

Wallahu a'lam..

Sumber bacaan hadist:

Ringkasan Shahih Bukhari oleh Imam Az-Zabidi tentang Kitab kelembutan Hati Bab 3 : Batas harapan manusia. Halaman 703. Penerbit : Jabal.


Monday, 23 April 2018

TIPS MENILAI BAIK BURUKNYA SESEORANG !!!


Assalamu'alaikum.. yah yah yah.. berbicara baik buruknya seseorang, tentu semua orang memiliki sisi baik dan buruk. Yuuupppsssss, tapi sisi manakah yang lebih menonjol dari orang itu? apakah sisi buruk atau baiknya? darimanakah kalian bisa menilai seseorang itu baik atau buruk? berikut beberapa penilaian yang biasa saya lakukan :

1. Bertanya tentang sesuatu dan mendengar pendapatnya

Yupppssss... cara yang saya lakukan adalah menguji seseorang lewat pertanyaan yang saya berikan, dan bagaimana cara ia menjelaskan pendapatnya. Seseorang yang memiliki kemampuan menganalisis mana kata yang baik ia gunakan mana kata yang tak patut ia katakan, bisa mencirikan ia adalah pribadi yang baik loh!..

2. Mengamati kata yang ia gunakan baik langsung maupun tidak langsung

Nah,, cara yang kedua ini juga sering menjadi tolak ukur dalam menilai seseorang, akan berbeda jika kata-kata yang ia gunakan di status atau media sosial yang ia miliki dan kata-kata sehari-hari yang biasa ia lontarkan. Bagaimana tidak, sebuah status bisa jadi hanya kata-kata bijak yang ia copy atau status orang lain. Tapi, kata-kata yang ia gunakan dalam keseharian tidak dengan mudah ia menjaganya alias selalu menatanya menjadi baik, jika tidak dimulai dari kepribadiannya sendiri.

3. Amati apa yang sering ia lakukan

Wah ini dia,, saya sendiripun kadang hanya gampang ngomong tanpa bukti, jadi diri saya sendiripun tak baik.. masih harus belajar lagi menatanya. Yah... mengamati apa yang dilakukan seseorang setiap hari, kita bisa melihat dari kebiasaan apa yang ia lakukan. Hal ini bisa membantu kita untuk menilai seseorang itu baik atau tidak.

Tips penilaian selanjutnya berasal dari berbagi pihak yang mau berdiskusi dengan saya pagi ini. Yuks silahkan di simak :

1. Pertemuan pertama

hayoooo... siapa disini yang menilai seseorang pada saat pertama kali bertemu? cara menilai seseorang pada pertama kali bertemu ialah lihat bagaimana cara dia melihat kita, berbicara dengan kita, menegur kita, disitu kita bisa lihat bagaimana pribadinya. Pada umumnya hampir diantara kita akan menilai lewat pertemuan pertama mereka. TAPI, eiiiiits  ada tapinya nih yah... jangan langsung menganggap dia seperti itu sepenuhnya, yah alasannya karena itu hanya kesan pertama. Jangan juga menilai dari wajah atau pakaiannya.

2. Mengenalnya, Keluarganya, dan Teman-temannya

Nah, mengenal seseorang merupakan cara yang baik untuk menilainya. Bagaimana mungkin kita menilai tanpa mengenalnya? hihihi  menilai seseorang tak harus mengenalnya sampai kenal banget loh karena setiap orang punya privasi yang harus mereka jaga, biasa dalam islam disebut aib. Cara menilainya bukan hanya sekedar kenal dirinya, tapi kenali juga keluarganya, dan teman-temannya. Mengapa? karena biasanya nih seseorang akan berbeda sifatnya ketika bersama keluarga, bersama mu, dan bersama teman-temannya.

3. Menilai dari topik pembicaraannya

Terkadang topik pembicaraan akan menjadi kesan seseorang ketika berkomunikasi loh kok gitu sih?... yah, disatu sisi bisa dibilang kepo  alias saking mau deket sama dia jadi, topik apapun dijadikan bahan pembicaraan, padahal itu tak baik loh. Hal ini biasa menjadi penilaian seseorang karena topik pembicaraan akan menggambarkan siapa dirimu.

Demikianlah tips menilai seseorang dari hasil diskusi saya dengan kakak, adik, dan teman2 saya hari ini. Semoga bermanfaat ... 

Nah.. bagaimana cara kalian menilai seseorang? apakah sama dengan apa yang saya tulis atau berbeda? jika berbeda silahkan memberi masukan atau mengkritik apa yang telah saya tulis yah..  salam damai dan sukses.. :D


Wallahu a'lam...

Saturday, 21 April 2018

MAKNA KEPASTIAN YANG DIINGINKAN SEORANG WANITA!

 

Assalamu'alaikum.. sobat, sebagai seorang wanita tentu hal yang paling di inginkan oleh kalian adalah kepastian dari pasangan, saya pun juga berkeinginan seperti itu. Sering kali, para lelaki akan menilai kepastian yang dimaksud seorang wanita adalah segera menikahinya. Bukan begitu?

Namun, ketahuilah sobat lelaki makna "kepastian" yang di inginkan seorang wanita bukan berarti langsung mengatakan "kamu serius? kalau begitu nikah sekarang!" bukan seperti itu. 

Nah, kepastian yang di ingnkan seorang wanita adalah dimana saat pasangan mereka atau cowok mereka menjalin komunikasi dengan orang tuanya, kakak dan adiknya, dan keluarga lainnya dan tentu yang diharapkan setiap wanita adalah pasangannya dapat berhati-hati berkomunikasi dengan wanita lain.

Ketahuilah, dalam hal ini lelaki itu secara tidak langsung dengan tindakannya telah mengatakan "dia adalah satu-satunya wanita yang ku inginkan" . Nah, sebaliknya cara wanita memberikan kepastian kepada seorang lelaki adalah tidak meninggalkannya seperti karena statusnya yang pengagguran, kepastian yang diberikan wanita ialah ia akan mendukung atau membantu pasangannya mencari pekerjaan, memberikan semangat dan juga mendoakan.

Janganlah kita berandai-andai "waaah... jika pasangan saya seperti itu!" . Kebanyakan seseorang berfokus ingin merubah seseorang tanpa melihat dirinya sudah kah ia seperti apa yang ia inginkan untuk merubah seseorang.

Berdiskusilah kepada pasangan kalian, jujur dengan perasaan kalian dan rancanglah masa depan bersama, jangan saling menyinggung satu sama lain di medsos yang kalian miliki, apalagi sampai membongkar kesalahan pasangan kalian sendiri. Diskusilah dan saling terbuka atas keinginan kalian kepada pasangan kalian sendiri agar kalian bisa saling memahami satu sama lain, saling menjaga perasaan satu sama lain, dan saling percaya satu sama lain, diskusi dalam suasana yang tenang Insya Allah akan sangat membantu.

Sekianlah dari saya, tentu setiap wanita menginginkan kepastian dari pasangan mereka, baik yang belum menikah maupun yang sudah menikah, dan juga tidak semua berkeinginan sama seperti "makna kepastian" yang saya jabarkan diatas.

Semoga bermanfaat.. kritik dan saran diterima dengan senang hati,, :)

Wallahu a'lam...


 BACA JUGA :




KARENA NIKAH BUKAN HANYA MODAL CINTA !!!

Friday, 20 April 2018

KESEDIHAN MEMILIKI TEMPAT DAN WAKTU TERSENDIRI


Assalamu'alaikum.. Sobat setiap hari semua orang memiliki kesedihannya sendiri, ada yang sedih karena ditinggal orang yang tersayang, ada yang sedih karena dimarahi, ada yang karena ia hanya ingin bersedih saja tanpa tau alasan yang jelas. Ada yang pernah sedih tanpa alasan? pengen nangis sejadi-jadinya tapi tidak mengetahui pasti perasaan sedih itu darimana. Nah, untuk menangani hal itu maka, berlindunglah kepada Allah dan jangan lupa banyak berdzikir karena bisa jadi sedih itu dari gangguan syaitan.

Tahukah kalian sedih yang seperti apakah yang paling baik? kebanyakan orang sedih karena urusan kehidupan dunia yan mereka tidak bisa dicapainya. Bahkan, diantara mereka ada yang memilih untuk mengakhiri hidupnya demi menghilangkan kesedihan itu. Nauzubillah  semoga sobat bukan salah satunya yah....

Sedih yang baik adalah ketika bersedih karena hati tak lagi terikat dengan rahmat Allah Ta'ala, bersedih karena ibadah tidak sempurna, bersedih karena hati penuh dengan penyakit. Maka, mulai sekarang mari kita belajar untuk merubah rasa sedih itu dengan baik agar kesedihan yang kita rasakan memberi hikmah tersendiri bagi kita dan tidak membuat kita terpuruk.

Jadi, bagaimanakah cara meletakkan kesedihan sesuai tempat dan waktunya?

Salah satu caranya ialah dengan mengingat akan nikmat yang Allah berikan. Renungkanlah Firman Allah Ta'ala dalam Surah At-Taubah [9]:40:

..... ''Janganlah bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita!'"...

Ketahuilah apa yang kita miliki sekarang hanyalah sebuah pemberian dari-Nya. Apa yang kita miliki bukan milik kita maka, janganlah meletakkan sesuatu yang kita cintai di dalam hati melebihi cinta kita kepada Allah Ta'ala karena jika kehilangan maka tentu kita akan merasakan kesedihan, nah kesedihan itu bisa menjadi bumerang bagi diri kita sendiri.
 
Mari bersama-sama berusaha menjadi pribadi yang semakin baik dari hari kemarin, jangan lupa untuk selalu berdoa agar kita selalu diberi petunjuk dan selalu dilindungi Allah Ta'ala. Berdoalah juga agar kita bisa merasakan nikmat iman dalam hati kita.


Semoga bermnafaat...

Wallahu a'lam..



BACA JUGA :


 
Sumber bacaan :

"Jangan Jadi Manusia Gampangan, Jadilah Manusia Limited Edition". Oleh : Silmy Kaffah Rohayna. Halaman : 20-23. Penerbit : Quanta 

Wednesday, 18 April 2018

ANTARA JODOH DAN AJAL !!!


Assalamu'alaikum.. berbicara tentang jodoh tentu semua orang ingin mengetahui dimana jodoh mereka berada, jujur nih sejujur jujurnya saya sendiri pun penasaran dengan jodoh saya. hehehe..

yuupsss...  jodoh dan ajal merupakan rahasia ilahi, tentu tak ada yang tau dimana jodoh mereka atau ada di antara sobat yang sudah mengetahui jodohnya ada dimana? hihihi..atau bagi kalian yang sudah berumah tangga sudah bisa menjamin bahwa istri atau suami kalian itu adalah jodoh kalian?

 Entah semenarik apa diri saya sampai-sampai sering ditanya kayak gini ehehhe:

 "nis, kamu belum nikah?" 

"nis, udah punya cowok?"

"nis, kapan nikah?" tuh temen kamu sudah pada nikah.

dan berbagai pertanyaan seputar jodoh mulai mengguruti hari-hari, ngak tiap hari juga sih ditanya tentang nikah, tentang jodoh, hanya ditanya ketika lagi membicarakan topik seputar itu. Wah, kalau ditanya tiap hari mah, K.O lah saya.. ahahaha.. jomblo sih, kalau ditanya yah diem ajaa, atau dijawab "InsyaAllah, akan ada waktu yang indah untuk itu!"

Yah,,, mereka hanya bertanya tentang itu, tak satupun dari mereka yang bertanya tentang ajal saya, apa yang sudah saya siapkan untuk ajal saya, dimana ajal saya, apakah ajal saya datang secara baik-baik atau tidak, apakah ajal saya datang disaat saya melakukan hal baik atau tidak?.. sungguh membuat bulu kuduk merinding jika kita membahas soal ajal kita masing-masing.

Tentu diantara kita, bahkan saya sendiri lebih banyak memikirkan jodoh dari pada ajal (kematian). Padahal kita semua tau bahwa ajal kita bisa datang secara mendadak, bahkan satu detik dari ini ajal kita bisa menjemput kita.

Sudah siapkah kalian menjemput atau dijemput jodoh dan ajal? sudah siapkah? atau kalian hanya mempersiapkan, membenah diri hanya karena igin mendapatkan jodoh yang baik tanpa memikirkan ajal sedikitpun?

Mari, kita memikirkan untuk keduanya, jika dulu kita sering memikirkan tentang jodoh maka hari ini kita berbenah diri untuk memikirkan ajal (kematian) kita. Ayuuuk... perbaiki niat kita lagi semoga Allah Ta'ala memudahkan segalanya. Aamiin

Wallahu a'lam..

BACA JUGA :





SEDIH YANG DILARANG !!!

 

Assalamu'alaikum..  Sobat-sobat , siapa sih yang tak pernah merasakan kesedihan? tentu saya yakin semua pasti pernah merasakannya. Yuups... sedih adalah suatu perasaan yang sudah ada bahkan tertanam dalam diri kita.  Bukankah kesedihan ada karena kegembiraan?

Perlu kita ketahui sobat, sedih itu wajar-wajar saja namun, ada sedih yang dilarang loh. Mau tahu apa aja? ..  Berikut beberapa sedih yang dilarang :

1) TERPURUK DALAM KESEDIHAN

Nah, terpuruk merupakan kondisi dimana seseorang tidak memiliki semangat lagi dalam hidupnya diakibatkan kesedihan yang mendalam yang ia alami. Merasa bahwa tidak ada lagi alasan untuk hidup, jika ia berpikir seperti itu maka, ia akan mengambil jalan untuk mengakhiri hidupnya. Bahkan, terpuruk karena kesedihan bisa menyebabkan dirinya menjadi tak terarah alias bisa membuat seseoran menjadi gila.

2) MEMBUAHKAN KEPUTUSASAAN

Sedih yang membuat seseorang putus asa tentu sangat dilarang. Cobalah sobat renungi beberapa firman Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an  berikut ini :

"Allah tidak membebankan seseorang melainkan dengan kesanggupannya".  (Al-Baqarah: 286)

“Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu orang-orang yang beriman.”
(Ali-Imran:139) 

Jadi, masihkan sobat berputus asa?. Percayalah dan yakinlah apapun yang terjadi itulah yang terbaik bagi sobat.

3) BERLARUT-LARUT

hayooo... ada yan suka sedihnya nyambung terus sampai hari-hari tak di rasaa? alias hari ini sedih, besoknya sedih lagi tentu dengan kesedihan yang sama. Padahal masih ada hal sedih lain yang harus disedihkan untuk esok harinya. Saking sedihnya berlarut-larut akhirnya lupa bahwa hari ini dia bisa bahagia.

4) MELIHAT KEBAHAGIAN ORANG LAIN

Terakhir sedih yang dilarang adalah sedih ketika melihat orang lain gembira. Hayooo.. sobat tidak seperti itu kan? . Jika, sobat merasa sedih melihat orang lain bahagia maka itu merupakan tanda-tanda penyakit hati yaitu iri dan dengki. Nauzubillah..

Demikian dari "Sedih Yang Dilarang", cukupkan sedih kita untuk kesedihan yang mendatang. Sedih yang baik yaitu sedih ketika kita masih diberi kesempatan hidup tapi lupa diri dengan Sang Pencipta.


Semoga bermanfaat dan tetap semangat..

Mari sama-sama kita belajar agar sedih dan bahagia selaras dengan apa yang semestinya terjadi, sedih jangan berlebih dan bahagia jangan berlebih. 

Wallahu a'lam.. 


Sumber bacaan :

"Jangan Jadi Manusia Gampangan, Jadilah Manusia Limited Edition". Oleh : Silmy Kaffah Rohayna. Halaman : 18 - 20. Penerbit : Quanta 

Monday, 16 April 2018

MEREDAM MARAH HANYA DENGAN SEKALI LANGKAH !!!


 Assalamu'alaikum....  bagaimana kabar sobat-sobat hari ini? semoga tetap baik yah..  Maaf, untuk beberapa hari saya tidak sempat memposting, nah.. sebagai gantinya hari ini InsyaAllah saya mencoba mengupdate lebih dari satu artikel. Topik hari ini saya ambil dari buku yang sedang saya baca ples pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat...






Sobat-sobat tahu kan? banyak hal yang dapat memancing amarah kita, entah alasannya bisa macam-macam ada yang marah karena merasa masalah segunung, hati yang sempit, merasa sombong, de el el deh... Jadi, apa yang membuat sobat sering marah-marah? apakah diantara sobat disini ada yang sering marah tanpa alasan? hihihi  saya yakin tidak, semua pasti ada alasaanya kan?

Nah, Islam merupakan agama yang sempurna dan tentu menyeluruh, karena Islam mengajarkan segala hal yang berkaitan dalam sendi kehidupan kita. Hayooo.. apakah marah ada obatnya dalam Islam? yuuupsss... tentu saja ada kok. Jadi, bagi sobat dan saya pribadi bisa berlahan-lahan sembuh dari penyakit marah-marah kita, apalagi marah tanpa tujuan dan alasan yang jelas. hihihihi

 Berikut beberapa obat alaminya :

1. Berlindung kepada Allah Ta'ala

Dalam Al-Qur'an surah Al-A'raf [7] ayat 200 :

"Dan jika engkau ditimpa godaan setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Allah yang menciptakan segala yang ada di langit dan di bumi. Allah pula yang menciptakan setan yang dengan halus menggoda seluruh manusia yang ada dibumi. Apakah sobat tahu? setan itu sebenarnya ada dalam diri kita sebab manusia memiliki nafsu yah ada nafsu yang condong kepada rayuan setan ada nafsu yang condong kepada Sang Pencipta. Jadi, bagaimana dengan sobat? condong kepada setan atau condong kepada Sang Pencipta?

2. Ubah Posisi Tubuh

Tau ngak guys.. ternyata posisi kita juga sangat berpenaruh untuk menahan amarah kita. Mari ingat dan implementasikan hadist Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam berikut tini :

"Jika salah seorang di antara kalian yang marah sedang dalam keadaan berdiri, maka duduklah, dengan begitu kemarahan akan hilang. Jika belum juga hilang maka berbaringlah. Jika dengan berbaring masih belum menghilangkan marah, maka berwuduhlah". 

Nah, Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam mengajarkan kita nih sobat-sobat untuk menahan emosi alias marah dengan mengubah posisi. Mudah bukan? atau sobat masih merasa sulit untuk melakukannya?  jika iya, maka ayo simak obat berikutnya.

3. Berwudhulah

eeeiits.. wudhu yang saya maksud disini ialah untuk mengobati marah kita yah sobat, yuk simak hadist Rasullullah shallallahu'alaihi wa sallam berikut ini:

"Sesungguhnya marah itu datangnya dari setan, dan setan diciptakan dari api. Jika seseorang di antara kalian marah maka berwudulah".

TTau ngak sih sobat? manfaat wudu bukan hanya itu masi banyak loh, contohnya nih untuk kecantikan..  air wudhu bisa menjadi obat loh untuk kalian yang berjerawat dan wajah kusam, tentu dengan rutin menjaga wudhu InsyaAllah atas izin dari Allah Ta'ala wajah kalian akan terlihat cerah dan berseri. 

Demikian obat untuk meredam amarah kita, tentu obat tersebut tidak akan manjur jika tidak ada kesungguhan dari diri kalian sendiri yah sobat-sobat, mari membiasakan diri untuk melakukan hal-hal yang baik, melatih diri kita menjadi pribadi yang sabar, tidak tergesa-gesa dalam menambil keputusan, lemah lembut dalam bertutur kata dan berperilaku membersihkan hati dengan banyak berdzikir kepada Allah Ta'ala. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ini. Aamiin.

Wallahu a'lam... 

Sumber bacaan :

"Jangan Jadi Manusia Gampangan, Jadilah Manusia Limited Edition". Oleh : Silmy Kaffah Rohayna. Halaman : 13 - 15. Penerbit : Quanta

BACA JUGA :